Cari Buku Disini

Daftar Penerbit

New products

No new products at this time

Specials

All specials

VERIFIKASI TOKO KAMI



PROMO ALQURAN



    STATISTIK PENGUNJUNG


      FACEBOOK KAMI


BUKU PANDUAN QURBANBUKU PANDUAN QURBAN
Gerakan Mouse atau klik untuk memperbesar

BUKU PANDUAN QURBAN

Penulis: Muhammad Abduh Tausikal
Penerbit: Pustaka Muslim
Harga: Rp 25.000 

Lebih detail

PM6

Ketersediaan: TERSEDIA

Turun harga!
Rp‎. 21.250

Rp‎. 25.000

harga dikurangi oleh 15 %)

Add to my wishlist

Loyalty program By buying this product you can collect up to 2125 loyalty points. Your cart will total 2125 points that can be converted into a voucher of Rp‎. 425.


BUKU PANDUAN QURBAN 

 

 

Bagaimanakah hukum kurban? Apakah wajib ataukah sunnah? Jumhur atau mayoritas ulama menganggap kurban itu sunnah muakkad. Namun jangan sampai yang mampu atau punya kelapangan rezeki meninggalkannya.Di antara dalil lain dari mayoritas ulama adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,إِذَا رَأَيْتُمْ هِلاَلَ ذِى الْحِجَّةِ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّىَ فَلْيُمْسِكْ عَنْ شَعْرِهِ وَأَظْفَارِهِ“Jika masuk bulan Dzulhijah dan salah seorang dari kalian ingin menyembelih qurban, maka hendaklah ia tidak memotong sedikitpun dari rambut dan kukunya.” (HR. Muslim no. 1977, dari Ummu Salamah). Yang dimaksud di sini adalah dilarang memotong rambut dan kuku shohibul qurban itu sendiri.Sebagaimana dinukil dari Imam Nawawi, Imam Syafi’i berkata, “Dalil di atas menunjukkan bahwa hukum kurban itu tidak wajib. Karena dalam hadits digunakan kata “aroda” (siapa yang mau). Seandainya menyembelih qurban itu wajib, maka cukuplah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Maka hendaklah ia tidak memotong sedikitpun dari rambut dan kukunya hingga berkurban.” (Al Majmu’, 8: 217).Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menukil perkataan Ibnu Hazm bahwa tidak ada seorang sahabat pun yang menyatakan bahwa kurban itu wajib. Yang ada, mayoritas ulama menganggap bahwa hukum kurban itu sunnah. Namun kurban tetaplah disyari’atkan. Dinukil dari Adhwaul Bayan, 5: 617.Dalam Al Majmu’ (8: 216), Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Menurut madzhab Syafi’i dan madzhab mayoritas ulama, hukum kurban adalah sunnah muakkad bagi yang mudah (punya kelapangan rezeki) untuk melakukannya dan itu tidak wajib. Demikianlah pendapat kebanyakan ulama. Yang berpendapat demikian adalah Abu Bakr Ash Shiddiq, ‘Umar bin Al Khottob, Bilal, Abu Mas’ud Al Badri, Sa’id bin Al Musayyin, ‘Atho’, ‘Alqomah, Al Aswad, Malik, Ahmad, Abu Yusuf, Ishaq, Abu Tsaur, Al Muzani, Daud dan Ibnul Mundzir.”Di akhir bahasan tentang hukum kurban, Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Seandainya hukum kurban itu wajib, tentu tidaklah gugur karena luput, artinya mesti diganti sebagaimana keadaannya untuk shalat jum’at dan kewajiban lainnya. Namun ulama Hanafiyah berpendapat bahwa jika kurban itu luput, maka tidak wajib qodho’. Adapun jawaban untuk dalil-dalil yang mengatakan wajib, maka bisa jadi dalil tersebut dho’if sehingga tidak bisa dijadikkan argumen (pendukung). Seandainya shahih, maka hadits tersebut dibawa ke hukum sunnah karena kompromi berbagai dalil. Wallahu a’lam.” (Al Majmu’, 8: 217).Jumhur atau mayoritas ulama yaitu ulama Syafi’iyah, Hambali, dan Malikiyah berpendapat bahwa hukum kurban itu sunnah muakkad. Namun bagi yang mampu dilarang meninggalkannya.Buku ini membahas

1- Keutamaan qurban

2- Hikmah qurban

3- Ketentuan qurban

4- Adab penyembelihan

5- Pemanfaatan qurban

6- Penyaluran qurban

7- Masalah terkini seputar qurban

8- Menggabungkan qurban dan aqiqah

No customer comments for the moment.

Cart  

No products

Shipping Rp‎. 0
Total Rp‎. 0

Cart Check out

KAMI SIAP MEMBANTU ANDA



    KEUNGGULAN TOKO KAMI



      PESAN VIA SMS



        KATA PELANGGAN KAMI

        " Buku Pesanan sudah Sampai. Terima Kasih "


        Adib Masruri di Tokyo, JEPANG


        " Paket sudah kami terima. Cepat Sekali Terima kasih... "


        Perpustakaan Daerah Kab. Kebumen


        " Alhamdulillah Al Quran Miracle The Reference 66 in 1 + E-Pen sudah kami terima. Terima kasih "


        Pembeli di Sidoarjo


        " Alhamdulillah, buku pesanan sudah diterima ke Perpus Stikes PKJ Pekalongan, Pelayanan Profesional, Harga bersaing. Sukses Griya Buku Muslim "


        Heri Susanto di Perpustakaan Stikes Pekalongan


        " Pak Barang dah nyampe. TIGA Kali saya Beli Barang ONLINE tapi Baru Kali ini, Saya merasakan Pelayanan Yang SANGAT MEMUASKAN. Dg pengepakan sederhana yg SANGA RAPI n penulisan nama alamat yg SANGAT JELAS merupakan PROFESIONLITAS Anda n tingkatkan trs pelayanan konsumen. Terima kasih kerjasamanya n SUKSES SELALU UNTUK ANDA (Salam dr konsumen JEPANG).... LANJUTKAN....,,,!!!! "


        Yoshimasa Sakairi (Ian)di AKAHAMA 658, JEPANG


        " Alhamdulillah kiriman telah saya terima. Terima kasih atas hadiah yang diberikan. "


        Maisarah HK di Sirawak, MALAYSIA



        READ MORE →


        REKENINGPEMBAYARAN


        No Rek Bank BCA 1691958782
        an. AGUS WIYANTO


        No. Rek Bank BRI 3586-01-013631-53-6
        an. AGUS WIYANTO



        No. Rek Bank MANDIRI 1370010705826
        an. AGUS WIYANTO



        No. Rek Bank BANK BNI 0304169543
        an. AGUS WIYANTO



        PROMO BULAN INI